Siapakah Ken Arok itu?

Ken Arok adalah pendiri kerajaan Singasari. Beliau juga dikenal juga sebagai cikal bakal raja-raja Majapahit. Mula-mula Ken Arok mengabdi kepada Awuku Tunggul Ametung di Tumapel.

Tumapel adalah sebuah wilayang yang tgermasuk wilayah dari kerajaan Kediri. Kemudian Ken Arok jatuh cinta kepada Ken Dedes, istri Tunggul Ametung. Ken Arok akhirnya membunuh Tunggul Ametung dan memperistri Ken Dedes dan menjadi penguasa di Tumapel.





Pada waktu itu, di kerajaan Kediri tengah terjadi pertentangan antara raja dan kaum Brahmana. Kaum Brahmana melarikan diri ke Tumapel dan mendapatkan perlindungan dari Ken Arok.


Kemudian kaum Brahmana menobatkan Ken Arok sebagai raja di Tumapel pada tahun 1222 Masehi. Setelah menjadi raja, Ken Arok bergelar Sri Ranggah Rajasa Amurwabhumi. Dan nama kerajaannya adalah Singasari.

Berita pendirian kerajaan Singasari membuat raja Kediri, Prabu Kertajaya atau Dandang Gendis menjadi murka. Kertajaya menyerang Singasari, namun mereka kalah di desa Ganter.






Sejak saat itu, wilayah kekuasaan Kediri dikuasai oleh Singasari. Namun Ken Arok tidak lama memerintah Singasari. Karena pada tahun 1227, beliau dibunuh oleh orang suruhan Anusapati, anak tirinya sendiri.

0 Response to "Siapakah Ken Arok itu?"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (558) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut