Siapakah Mulawarman itu?

Mulawarman adalah tokoh sejarah agama Hindu di Indonesia pada masa kerajaan Kutai. Beliau menggantikan ayahnya yang bernama Aswawarman.





Kemungkinan besar pada masa pemerintahan Mulawarman ini telah ada orang Indonesia asli yang menjadi pendeta Hindu. Dengan demikian upacara keagaan tak lagi dipimpin oleh Brahmana dari India.


Mulawarman memiliki hubungan yang sangat baik dengan kaum Brahmana. Hal tersebut telah dibuktikan karena semua yupa dibuat oleh para pendeta Hindu.

Mereka membuatnya sebagai ungkapan terima kasih kepada raja Mulawarman. Sang raja telah melindungi agama Hindu dan memberikan banyak sekali hadiah kepada kaum Brahmana.






Agama Hindu rupanya telah berkembang dengan pesat di seluruh wilayah kerajaan Kutai pada masa pemerintahan raja Mulawarman ini. Dan masih terus berlanjut ke anaknya nanti.

0 Response to "Siapakah Mulawarman itu?"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (615) Sejarah (152) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut