3 Macam Perpindahan Energi Panas serta Contoh

Energi merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting bagi manusia. Kebutuhan akan energi bagi manusia, salah satunya bisa diperoleh melalui makanan.





Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang membutuhkan banyak sekali energi, sehingga manusia terus berupaya untuk menggali sumber-sumber energi.

Ada tiga macam perpindahan energi panas. Apa saj itu?
Berikut keterangannya.


1. Konduksi.

Contohnya saat kita sedang mengaduk kopi panas dengan sebuah sendok logam, maka sendok yang kita gunakan untuk mengaduk tadi akan ikut terasa panas.
Hal ini terjadi karena panas yang ada di air berpindah ke tangan melalui sendok.

2. Konveksi.

Air yang direbus lama-lama akan mendidih. Pada peristiwa ini terjadi perpindahan panas. Peristiwa ini yang dinamakan dengan konveksi.






3. Radiasi.

Contohnya sinar matahari. Panas matahari sampai ke bumi tidak melalui perantara. Panas matahari sampai ke bumi melalui ruang hampa udara yang ada di ruang angkasa.
Peristiwa inilah yang disebut dengan radiasi (pancaran).

Itulah ketiga macam perpindahan energi panas beserta contohnya.

0 Response to "3 Macam Perpindahan Energi Panas serta Contoh"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (555) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut