6 Bagian-Bagian Mata Penjelasannya Lengkap serta Fungsinya

Semua makhluk hidup peka terhadap rangsangan. Alat indera manusia adalah suatu alat tubuh yang hanya peka terhadap rangsangan tertentu saja.

Rangsangan ini dapat berupa cahaya, bunyi, rasa panas, dingin, rasa manis, asin, pahit, dan hambar. Ada lima macam alat indera yang dimiliki oleh manusia, yaitu:
- Mata.
- Telinga.
- Hidung.
- Lidah.
- Kulit.





Sedangkan yang kita bahas sekarang adalah alat indera yang bernama mata. Mata adalah alat untuk melihat. Mata akan kehilangan fungsinya sebagai indera penglihatan apabila buta atau dalam keadaan kurang sehat.

Apa saja bagian-bagian mata?
Fungsinya untuk apa saja?
Berikut keterangannya.

1. Kornea (selaput tanduk).

Yaitu selaput yang paling luar dari bola mata, yang berupa selaput bening tembus cahaya. Besarnya selaput tanduk sama dengan selaput pelangi.
Jika kornea tidak lagi bening, maka penglihatan akan terhalang oleh kornea yang rusak tersebut. Berfungsi untuk melindungi mata bagian dalam.


2. Iris (selaput pelangi).

Yaitu sebuah lingkaran yang berwarna coklat, biru atau hitam yang terdapat di tengah-tengah bagian yang putih. Berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata.

3. Pupil (anak mata).

Yaitu lubang kecil yang terlihat hitam, terdapat di tengah-tengah selaput pelangi. Berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya. Jika cahaya yang masuk sedikit, maka pupil akan melebar. Jika cahaya yang masuk banyak, maka pupil akan mengecil.

4. Retina (selaput jaring).

Yaitu bagian mata yang bertugas mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Di retina terdapat bagian yang paling peka terhaap cahaya yang disebut dengan bintik kuning.

5. Urat syarat mata.

Yaitu bagian mata yang menghubungkan retina dengan otak.






6. Lensa mata.

Yaitu bagian mata yang bisa mebal dan menipis.

Itulah keenam bagian-bagian mata, penjelasan serta fungsinya.

0 Response to "6 Bagian-Bagian Mata Penjelasannya Lengkap serta Fungsinya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (664) Sejarah (156) Hewan (36) Batu Akik (24) Gunung (21) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut