Arti Istilah 4R Dalam Menangani Limbah

Dalam meminimalisasi sampah hasil limbah rumah tangga khususnya, maka dapat dilakukan upaya pengurangan sampah. Hal tersebut sebagaimana disebutkan oleh Kistinnag tahun 2009 bahwa cara menangani limnbah cair dan padat diharapkan tidak menyebabkan polusi dengan prinsip ekologi yang dikenal dengan istilah 4R.

4R itu adalah recycle, reuse, reduce, repair.





Apa saja penjabaran 4R tersebut?
Berikut penjelasannya.


1. Recycle (Pendaurulangan).

Proses recycle misalnya untuk sampah yang dapat terurai dijadikan kompos. Kompos ini dipadukan dengan pemeliharaan cacing tanah sehingga dapat diperoleh hasil yang baik. Cacing tanah dapat menyuburkan tanah dan kompos dapat digunakan sebagai pupuk.

2. Reuse (Penggunaan ulang).

Dilakukan untuk sampah yang tidak dapat terurai dan dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya botol bekas sirup dapat digunakan untuk menyimpan air minum.

3. Reduce.

Artinya melakukan pengurangan bahan atau penghematan. Misalnya jika akan berbelanja ke supermarket, maka bawalah tas sendiri, jangan meminta plastik dari toko.






4. Repair.

Repair artinya melakukan pemeliharaan. Contohnya membuang sampah tidak sembarangan, terutama tidak membuang sampah di perairan atau sungai.

Itulah arti 4R dalam menangani limbah

0 Response to "Arti Istilah 4R Dalam Menangani Limbah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (664) Sejarah (156) Hewan (36) Batu Akik (24) Gunung (21) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut