3 Macam Kemungkinan Gerhana Matahari

Gerhana terjadi ketika posisi bulan dan bumi menghalangi sinar matahari, sehingga bumi atau bulan tidak mendapatkan sinar matahari. Gerhana juga merupakan akibat dari pergerakan bulan.





Ada dua jenis gerhana, yaitu:
1. Gerhana matahari.
2. Gerhana bulan.

Gerhana matahari terjadi ketika bayangan bulan bergerak menutupi permukaan bulan. Dimana posisi bulan berada di antara matahari dan bumi dan ketiganya terletak pada satu garis. Gerhana matahari terjadi pada waktu bulan baru.


Akibat ukuran bulan lebih kecil dibandingkan dengan bumi dan matahri, maka ada tiga kemungkinan gerhana, yaitu:

1. Gerhana matahari total.
Terjadi pada daerah-daerah yang berada di bayangan inti (umbra), sehingga cahaya matahari tidak tampak sama sekali. Gerhana matahari total terjadi hanya sekitar 6 menit saja.

2. Gerhana matahari cincin.
Terjadi pada daerah yang tertkena lanjutan umbra, sehingga matahari kelihatan seperti cincin.






3. Gerhana matahari sebagian.
Terjadi pada daerah-daerah yang terletak di antara umbra dan penumbra (bayangan kabur), sehingga matahri kelihatan sebagian.

Itulah macam gerhana matahari.

0 Response to "3 Macam Kemungkinan Gerhana Matahari"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (514) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut