5 Jenis dan Macam Angklung Asli Indonesia

Angklung merupakan alat musik asli nasional Indonesia yang terbuat dari bambu dan merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia dan telah diakui secara internasional oleh UNESCO.

Angklung tumbuh dan berkembang pada masyarakat suku Sunda dan digunakan untuk upacara yang berkaitan dengan tanaman padi. Sistem nada angklung pada awalnya berlaraskan pelog, selendro, dan madenda.





Angklung jenis ini disebut dengan angklung Buhun.
Apa saja jenis angklung?
Berikut jenisnya.


1. Angklung Kanekes.
Angklung ini sering dikenal dengan angklung Badui. Digunakan untuk upacara menanam padi. Angklung ini bukan hanya sebatas media hiburan, namun juga memiliki nilai magis.

2. Angklung Gubrag.
Angklung ini berasal dari kampung Cipiding kecamatan Cigudeg. Juga digunakan untuk menghormati Dewi Padi.

3. Angklung Dogdog Lonjor.
Angklung ini berasal dari masyarakat Banten Selatan, di daerah Guning Halimun. Digunakan pada upacara Seren Taun menghormati Dewi Padi karena panen melimpah.






4. Angklung Badeng.
Angklung ini berfungsi sebagai hiburan dan media dakwah penyebaran Islam. Namun sebelumnya di Garut tepatnya di kecamatan Malangbong juga dipakai berhubungan dengan ritual padi.

5. Angklung Buncis.
Angklung ini dipakai sebagai media hiburan namun awalnya juga dipakai pada acara ritual pertanian yang juga berhubungan dengan tanaman padi.

Itulah kelima jenis dan macam angklung di Indonesia.