Ciri dan Keunikan dari Pantomim

Pantomim adalah pertunjukan teatrikal yang diungkapkan melalui ciri-ciri dasarnya yaitu ketika seseorang melakukan gerakan-gerakan yang bermakna dan mempunyai arti.

Bahasa gerak dari seorang pantomer (sebutan buat seorang pemain pantomim) adalah universal, menjalankan ekspresi emosi yang serupa diantara berbagai umat manusia dan dapat dipahami secara umum.





Ciri-Ciri Baju dan Kelengkapan Pantomim


Seniman pantomim terkenal dengan riasan putih dan celak hitam mata, serta tampilan wajah lain untuk melebih-lebihkan emosinya. Baju kaos bergaris hitam putih, sarung tangan putih dan topi hitam juga termasuk kelengkapan kostum seniman Pantomim.

Riasan putih pada wajah pantomim berasal dari tradisi badut.






Riasan ini digunakan dalam pertunjukan pantomim untuk menekankan sifat karakter dan ekspresinya sehingga dapat dilihat dengan jelas dari kejauhan.

Riasan putih ini pada awalnya bermaksud menunjukkan karakter yang sederhana dan polos. Bentuk tampilan riasan wajah pantomim pada masa kini lebih berkembang dan bervariatif sesuai dengan gaya dan kreasi masing-masing pantomer, tetapi tetap dengan alas bedak dasar putih.