Kenapa Daun Putri Malu Menutup Ketika Disentuh ?

Masih ingat dengan tanaman putri malu? Dari namanya saja putri yang seakan malu ketika disentuh. Ya memang tumbuhan ini tergolong unik.





Jika kita amati bersama, ternyata tumbuhan juga melakukan gerakan. Misalnya saja pada tumbuhan putri malu. Ketika daunnya disentuh, maka daun putri malu akan menutup.

Gerak menutup daun putri malu tersebut merupakan respon terhadap gaya rangsang. Arah menutupnya daun akibat rangsang adalah meskipun diberi rangsangan dari arah yang berbeda.


Bagaimana daun putri malu dapat menutup?

Ketika daun putri malu dikenai rangsang, maka akan terjadi aliran ion pada bagian ketiak daun. Adanya aliran ini menyebabkan kadar air pada ketiak daun berkurang, sehingga tekanannya mengecil.






Akibatnya daun putri malu akan menutup dan tampak layu. Meskipun pada pergerakan daun putri malu tidak ada perpindahan tempat, namun tumbuhan tersebut masih dianggap bergerak.

0 Response to "Kenapa Daun Putri Malu Menutup Ketika Disentuh ?"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (585) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut