Contoh Konduksi, Konveksi dan Radiasi - Macam Perpindahan Panas

Panas dapat berpindah melalui bahan seperti saat kita mengaduk teh panas dengan sendok berbahan logam. Panas dapat menyebabkan benda memuai, mencair, menguap serta terbakar.



Panas disebut juga dengan kalor. Memang tidak bisa dilihat dengan mata, dan kalor ini merupakan suatu bentuk energi yaitu energi panas.

Berikut contoh perpindahan panas.

1. Konduksi
Contohnya adalah saat kita sedang mengaduk kopi panas dengan menggunakan sendok dari logam, maka sendok yang kita gunakan untuk mengaduk tadi akan ikut terasa panas.

Hal ini terjadi karena panas yang ada di air berpindah ke tangan melalui sendok.




2. Konveksi
Air yang direbus lama-lama akan mendidih. Pada peristiwa ini terjadi perpindahan panas yang disebut konveksi.

3. Radiasi.
Contohnya sinar matahari. Panas matahari sampai ke bumi tidak melalui erantara. Panas matahari sampai ke bumi melalui ruang hampa udara yang ada di ruang angkasa.

Peristiwa inilah yang dinamakan dengan radiasi atau pancaran.

Categories

pengetahuan (903) Sejarah (169) Hewan (39) Gunung (36) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) Tahukah Kamu (15) PBB (14) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut