13 Nama Kota dan Kabupaten di Lampung serta Ibukotanya

Provinsi Lampung memiliki ibukota bernama Bandar Lampung.

Seputgar lambang dari provinsi Lampung.
Sang Bumi Ruwa Jurai berasal dari kata sang bumi yang artinya rumah tangga yang agung. Ruwa Jurai artinya dua unsur golongan masyarakat asli dan pendatang.

Bingkau berbentuk perisai yang di dalamnya ada gambar padi dan lada menggambarkan bahwa kedua hasil bumi tersebut banyak terdapat di daerah Lampung.



Laduk dan Payan merupakan senjata tradisional Lampung yang berupa golok dan tombak yang sangat berguna. Gong melambangkan demokrasi. Kemudian ada siger, lambang keagungan tingkat budaya Lampung.

Payung sebagai payung jurai yang melambangkan provinsi Lampung tempat semua jurai berlindung. Apa saja ya nama-nama kota dan kabupaten yang ada di provinsi Lampung?

1. Kab. Lampung Barat ibukotanya Liwa.
2. Kab. Tenggamus = Kota Agung.
3. Kab. Lampung Selatan = Kaianda.
4. Kab Lampung Timur = Sukadana.
5. Kab. Lampung Tengah = Gunung Sugih.
6. Kab Lampung Utara = Kotabumi.
7. Kab. Way Kanan = Blambang Umpu.






8. Kab. Tulangbawang = Menggala.
9. Kota Bandar Lampung = Bandar Lampung.
10. Kota Metro = Metro.
11. Kota Samarinda = Samarinda.
12. Kota Tarakan = Tarakan.
13. Kota Bontang = Bontang.

Di provinsi Lampung juga terdapat kota yang namanya Samarinda seperti yang ada di pulau Kalimantan. Selain itu,ada juga Tarakan dan Bontang.

Itulah ketigabelas nama kabupaten dan kota di provinsi Lampung.

Categories

pengetahuan (837) Sejarah (167) Hewan (38) Gunung (36) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) Tahukah Kamu (15) PBB (14) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Cara Cepat Hamil

Pengikut