Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gerak Benda

Jika kamu melepaskan sebuah bola dari tanganmu, maka bola tersebut akan jatuh ke tanah. Berdasarkan peristiwa di atas, bola langsung jatuh ke bawah begitu dilepaskan dari pegangan meskipun tidak ada dorongan tangan.

Jadi, ada gaya lain yang menarik bola itu ke bawah. Tarikan tersebut berasal dari bumi.

Semua benda yang berada di dekat permukaan bumi akan ditarik oleh bumi. Tarikan tersebut dinamakan gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi itulah yang menyebabkan semua benda memiliki berat.




Jadi gaya gravitasi bumi adalah sebuah gaya tarik yang disebabkan oleh tarikan bumi.

Gaya gravitasi di Bulan seperlima gaya gravitasi di Bumi. Hal tersebut menyebabkan tubuh astronot me-layang di udara saat di Bulan. Pada saat bola memantul ke atas dan didorong, maka bola akan turun dengan cepat dan kembali memantul lebih tinggi.

Mengapa demikian?

Bola dapat memantul lebih keras karena gaya yang dilakukan makin kuat. Jadi, gaya memengaruhi kecepatan gerak suatu benda.

Categories

pengetahuan (903) Sejarah (169) Hewan (39) Gunung (36) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) Tahukah Kamu (15) PBB (14) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut