Perwujudan Nilai-nilai Pancasila dalam Bidang Sosial Budaya

Tujuan pembangunan nasional adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Kita menghendaki terrwujudnya masyarakat yang berdasarkan Pancasila.

Masyarakat di sekitar kita ini selalu mengalami perubahan sosial dan budaya.

Agar perubahan tersebut tetap terarah pada terwujudnya masyarakat berdasarkan Pancasila, sistem nilai sosial dan budaya dalam masyarakat dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Sistem nilai sosial yang ada di masyarakat Indonesia, terus dikembangkan agar lebih maju dan modern. Oleh karena itu, proses modernisasi perlu terus dikembangkan.

Modernisasi tidak berarti "westernisasi", namun lebih diartikan sebagai proses perubahan menuju ke arah kemajuan.

Nilai-nilai sosial yang sudah ada dalam masyarakat yang sesuai dengan Pancasila, seperti kekeluargaan, musyawarah, serta gotong-royong terus dipelihara dan diwariskan kepada generasi muda.




Demikian juga nilai-nilai sosial dari luar, seperti semangat bekerja keras, kedisiplinan, dan sikap ilmiah, dapat diterima sesuai nilai-nilai Pancasila.

Sikap feodal, sikap eksklusif dan paham kedaerahan yang sempit serta budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancsasila perlu dicegah perkembangannya dalam proses pembangunan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan contoh budaya asing yang dapat memperkaya budaya bangsa.