5 Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya Dalam Masyarakat

Selain faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di dalam masyarakat, terdapat pula faktor yang menghalanginya.

Faktor yang menghalangi terjadinya perubahan tersebut dikenal dengan nama faktor penghambat. Apa saja faktor yang menghalangi atau menghambat terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat?

masyarakat





1. Kehidupan masyarakat terasing.

Keadaan masyarakat terasing belum tentu kehendak mereka. Hal ini dapat terjadi karena kondisi daerah yang terisolasi dari jalur komunikasi dan transportasi dapat menyebabkan mereka menjadi terisolasi dari masyarakat lain.

Kenapa masyarakat terasing menghambat terjadinya perubahan sosial budaya?
Karena mereka tidak atau kurang mengetahui perkembangan yang terjadi di masyarakat lain, sehingga mereka sulit untuk berkembang dan memperkaya budayanya.

2. Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat.

Berkembangnya ilmu pengetahuan juga dapat dilihat dari maju tidaknya pendidikan dalam masyarakat itu. Daerah yang terisolasi, terasing dan terpencil serta jauh dari masyarakat lain akan mempersulit berkembangnya ilmu pengetahuan.

3. Sikap masyarakat yang tradisional.

4. Adanya prasangka terhadap hal-hal baru atau asing.

5. Adat istiadat atau kebiasaan.

Adat istiadat telah dimiliki sebagai bagian dari masyarakat. Dan ketika ada hal baru yang menggantikan, mereka belum tentu dapat menerima begitu saja.

Itulah faktor penghambatnya.