5 Macam Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan serta Contoh

Apa itu perkembangbiakan vegetatif alami?
Maksudnya adalah tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan bagian tubuhnya tanpa batuan manusia.

Berikut ini adalah berbagai macam cara perekmbangbiakan vegetatif alami.

1. Rhizoma.

Masih ingatkah dengan ciri-ciri batang? Pada batang terdapat ruas dan buku. Pada buku inilah tempat tumbuhnya tunas yang akan berkembang biak menjadi tumbuhan baru.

Beberapa tumbuhan berkembang biak dengan tunas pada batang yang ada di dalam tanah. Batang di dalam tanah inilah yang disebut Rhizoma.

jahe




Contoh:
- Jahe.
- Kunyit.
- Lengkuas.
- Temulawak.

2. Umbi Lapis.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan umbi lapis? Umbi lapis terdapat pada bawang merah misalnya. Dinamakan umbi lapis karena memperlihatkan susunan berlapis-lapis yang terdiri atas daun yang menebal, lunak, dan berdaging serta batang yang berupa bagian kecil pada bagian bawah umbi lapis yang disebut dengan cakram.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa umbi lapis atau bulbus merupakan modifikasi batang dan daun.

Pada tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis, terdapat kuncup samping. Kuncup samping yang tumbuh biasanya merupakan umbi lapis kecil-kecil, berekelompok di sekitar umbi induknya.

Bagian inilah yang dinamkan dengan siung atau anak umbi lapis. Jika siung tersebut dipisahkan dari induknya, maka akan menghasilkan tumbuhan baru.

bawang merah

Contoh:
- Bawang merah.
- Bawang putih.

3. Stolon/geragih.

Pernahkan kalian mengamati rumput di lapangan? Pada rumput dan beberapa tanaman lain misalnya stroberi, pegagan terdapat batang yang menjalar di atas tanah. Bagian inilah yang dinamakan stolon atau geragih.

Tunas dapat tumbuh pada buku dari stolon. Saat tunas terpisah dari tanaman induk, tunas sudah mampu tumbuh menjadi individu baru.

stroberi

Contoh:
- Stroberi.
- Pegagan.

4. Umbi Batang.

Pernahkah kalian melihat kentang? Jika kita amati, pada permukaan kentang, kita akan melihat mata tunas atau kuncup. Pada kondisi yang sesuai untuk pertumbuhannya dari mata tunas ini akan terbentuk mata tunas dan menghasilkan tumbuhan baru.

Kentang merupakan salah satu contoh tumbuhan yang mengalami penggembungan pada batang di dalam tanah dan berisi cadangan makanan. Batang yang demikian dinamakan umbi batang.

Umbi batang selain berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, juga berfungsi untuk perkembangbiakan. Tanaman ubu jalar juga dapat berkembanmgbiak menggunakan umbi batang.

kentang

Contoh:
- Kentang.
- Ubi jalar.

5. Kuncup Adventif Daun.

Bagaimana ya daun bisa menghasilkan individu baru? Tahukah kalian bahwa pada bagian tepi daun terdapat sel yang selalu membelah (sel meristem)?

Pada bagian daun yang demikian dapat membentuk kuncup. Kuncup merupakan calon tunas yang terdiri dari atas calon batang beserta calon daun.

Kuncup yang terdapat pada tepi daun disebut kuncup adventif daun atau tunas liar pada tepi daun.

cocor bebek

Contoh:
- Cocor bebek.

Itulah kelimat macam perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan.

Categories

pengetahuan (973) Sejarah (173) Hewan (40) Gunung (37) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) PBB (19) Tahukah Kamu (15) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Postingan Populer

Google+ Followers

Pengikut