Letak dan Luas Benua Australia

Benua Australia memiliki ciri khas tersendiri diantaranya adalah suku aborigin, kanguru, gedung opera house. Makanya mudah sekali diingat oleh rakyat Indonesia.

Benua Australia terletak di sebelah selatan negara Indonesia dan merupakan benua yang unik karena meskipun terletak di selatan asia, namun penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras Kauskasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk eropa.

Benua Australia terletak pada 113dj BT-155dj BT dan 10dj LS-43dj LS (dj=derajat).

Hal ini berarti ada bagian benua Australia yang memiliki iklim tropis yaitu Austalia bagian utara yang berdekatan dengan negara Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang.




Batas-Batas

Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

1. Sebelah utara berbatasan dengan laut Timor, laut Arafuru, dan selat Flores.

2. Sebelah timur berbatasan dengan samudra pasifik, laut Tasman, dan laut Coral.

3. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

4. Sebelah barat berbatasan dengan samudra Hindia.

Luas wilayah benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar 3.200 km dan panjang 3.700 km.

Kunikan lainnya adlah dalam satu benua Australia, hanya ada satu negara di dalamnya yaitu negara Australia. Meskipun demikian, sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.






Kenapa ada gurun di sana>
Karena letaknya berada pada zona turunnya massa udara (zona subsidensi). Zona tersebut berada pada 30dj LU atau LS (dj=derajat).

Categories

pengetahuan (970) Sejarah (173) Hewan (40) Gunung (37) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) PBB (19) Tahukah Kamu (15) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Postingan Populer

Google+ Followers

Pengikut