5 Upaya Menghadapi Globalisasi Iptek

Upaya menghadapi globalisasi di bidang iptek diantaranya adalah dapat ditempuh dengan menyaring informasi yang baik dan bermanfaat. Selain itu, diperlukan adanya pengawasan dari semua pihak agar informasi yang beredar di masyarakat tidak membawa dampak negatif terutama untuk kalangan muda.

Masyarakat juga harus berusaha mengikuti perkembangan iptek agar tidak tertinggal dari negara lain serta tidak mudah terpengaruh dengan informasi-informasi yang masuk dari luar.

Sudah banyak banyak contoh siswa-siswi Indonesia yang mampu berkompetisi di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah internasional.






Bahkan kemenangan mereka raih dalam kompetisi mereka. Prestasi ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi di bidang iptek tidak klah dengan negara lain.

Namun masih diperlukan banyak upaya untuk menghadapi globalisasi yang melanda bidang iptek. Tahukah kalian apa saja upaya tersebut? Upayang yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berkompetisi dalam kemajuan iptek.
2. eningkatkan motif berprestasi.
3. Meningkatkan kualitas/mutu sumber daya manusia terutama di bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi agar kita mampu bersaing.





4. Selalu berorientasi ke masa depan.
5. Meningkatkan penguasaan kita terhadap teknologi modern di segala bidang sehingga tidak tertinggal dan bergantung pada bangsa lain.

itulah upaya-upaya untuk menghadapi globalisasi iptek.