6 Karakteristik Dasar Makhluk Hidup

Biologi dapat dikenali melalui karakteristiknya yang ditentukan melalui ragam persoalan biologi, objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.

Karakteristik dasar makhluk hidup itu adalah sebagai berikut :

1. Makhluk hidup disusun oleh sel.

Setiap sel dilindungi oleh membran yang memisahkannya dari lingkungan. Sel disebut sebagai unit struktural, unit fungsional terkecil dari makhluk hidup.

2. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan, yaitu perubahan ukuran sel menjadi semakin besar atau pertambahan jumlah sel. Dan juga, makhluk hidup mengalami perkembangan yang meliputi perubahan sel menjadi bentuk yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi tertentu.

3. Makhluk hidup melakukan proses metabolisme.

Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat metabolisme. Metabolisme itu terus-menerus, sehingga tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan homeostatis, yaitu keadaaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan.

4. Makhluk hidup memberikan respon terhadap rangsang.

Contoh rangsang yang diterima makhluk hidup antara lain perubahan warna, arah dan intensitas cahaya, suhu, tekanan, kadar airm dan suara.

5. Makhluk hidup melakukan reproduksi.

Makhluk hidup dapat mempertahankan jenisnya karena kemampuannya untuk bereproduksi, dimana materi herediter dari induk diwariskan kepada keturunannya.

6. Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi sehingga dapat bertahan meskipun keadaan lingkungan senantiasa berubah.