7 Fungsi Lembaga Ekonomi di Indonesia

Lembaga ekonomi merupakan bagian dari lembaga sosial yang mengatur tata hubungan antar manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

Lembaga ekonomi lahir sebagai suatu usaha manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang berkaitan dengan pengaturan dalam bidan ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera.





Lembagag ekonomi bertujuan mengatur bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhjan masyarakat.

Secara umum, yang hendak dicapai dalam lembaga ekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan pokok demi kelangsungan hidup masyarakat. Perkembangan perekonomian di Indonesia secara keseluruhan menunjukkan perbaikan positif.

Berikut ini ada tujuh fungsi dari lembaga ekonomi yaitu:

1. Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan.

2. Memberi pedoman untuk melakukan pertukaran barang atau barter.

3. Memberi pedoman tentang harga jual beli barang.






4. Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja.

5. Memberi pedoman tentang cara pengupahan.

6. Memberi pedoman tentang cara pemutudan hubungan kerja.

7. Memberi identitas bagi masyarakat.

Itulah ketujuh fungsi dari lembaga ekonomi di Indonesia.

0 Response to "7 Fungsi Lembaga Ekonomi di Indonesia"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (413) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut