Apa itu Fiberglass dan Siapa Penemunya

Apakah fiberglass itu?
Fiberglass adalah serat gelas berupa kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini kemudian dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain.





Kondisi yang siap pakai, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi. Oleh karenanya, fiberglass biasanya digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal.

Fiberglass juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik. Pada dasarnya kerajinan fiberglas membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya.


Bahan Fiberglass


Fiberglass dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan berikut ini. Fiberglass terdiri dari cairan resin, katalis, matt atau serat fiber, polish, sabun krim dan silikon serta talk.

Proses pembuatannya perlu perbandingan agar memperoleh hasil yang baik. Jika zat cair (resin dan katalis) dicampurkan maka akan bereaksi dari bahan berbentuk cair berubah menjadi padat dan keras.






Penemu Fiberglass


Siapa penemu fiberglass?
Pada tahun 1893,edward Drummond Lybbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition dengan menggunakan fiberglass.

Sedangkan fiberglass sendiri diciptakan oleh Russel Games Slayter dari Owens-Corning pada tahun 1938.