3 Sifat-sifat Kimia - IPA

Sifat kimia adalah sifat yang tampak pada suatu zat ketika zat tersebut mengalami perubahan atau reaksi menjadi zat lain. Sifat kimia menunjukkan mekanisme suatu zat berubah atau bereaksi menjadi zat lain.


Sifat kimia suatu zat sangat penting untuk dipahami keyika akan menggunakan suatu bahan untuk keperluan tertentu. Beberapa sifat kimia suat zat adalah sebagai berikut:

1. Kestabilan.

Adalah kemampuan suatu zat untuk mempertahankan diri dari perubahan atau dekomposisi di lingkungan alamiahnya atau ketika terkena udara, panas, cahaya, tekanan dan kondisi lainnya.

Atau akibat adanya reaksi alami yang dapat terjadi pada zat tersebut. Kestabilan juga dapat diidentifikasikan sebagai mudah tidaknya suatu zat atau bahan rusak.

2. Kereaktifan.

Tahu dengan karbid?
Karbid adalah suatu senyawa kimia dengan rumus CaC2. Memiliki wujud padat seperti batu berwarna keabu-abuan dan biasanya gigunakan untuk mempercepat pematangan buah.


3. Korosifitas.

Cairan pembersih lantai.
Membantu menghilangkan noda lantai dengan mudah.

Di dalamnya terdapat kandungan HCL atau asam klorida. Cairan ini mampu mengikis kotoran, jaringan tumbuhan, jaringan hewan dan jaringan manusia. Bahkan mampu mengikis logam dan membuat logam cepat berkarat.

Selain HCL, juga H2SO4 atau asal sulfat.