7 Macam Logam yang Banyak Digunakan Manusia

Logam adalah barang yang terbilang berat dan berdaya tahan lama. Merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga kalau digunakan terus menerus makan akan segera punah.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada sebanyak tujuh logam yang banyak digunakan untuk membuat barang-barang keperluan sehari-hari. Apa saja itu?





1. Besi.
Merupakan logam yang paling banyak digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk peralatan. Misalnya untuk alat-alat rumah tangga. Besi hasil tanur tinggi bila dicampur dengan karbon dan logam lain maka dihasilkan baja.
Penghasil di Cilegon, Jawa Barat.

2. Tembaga.
Merupakan penghantar panas yang baik, banyak digunakan untuk kawat listrik, kawat telepon maupun alat memasak. Bijih terdapat di pegunungan Jayawijaya, Papua.
Campuran timah, tembaga dan seng disebut perunggu. Sedangkan campuran tembaga dan seng disebut dengan kuningan atau loyang.

3. Aluminium.
Memiliki sifat anti karat dan ringan. Bijih aluminium disebut dengan bauksit yang banyak dihasilkan dari Pulau Bintan dan Singkawang. Banyak digunakan sebagai perabot rumah tangga dan bahan baku pembuatan pesawat terbang.

4. Emas.
Merupakan logam mulia dan bersifat tahan karat karena tidak bereaksi terhadap asam. Emas digunakan untuk bermacam-macam perhiasan.
Tambang emas ada di Cikotok, Jawa Barat dan Rejang Lebong, Bengkulu.

5. Perak.
Banyak barang yang terbuat dari perak, termasuk juga perhiasan dan barang-barang kerajinan lainnya.
Perak banyak dihasilkan di Yogyakarta dan Kendari.


6. Timah.
Digunakan untuk mematri, barang kerajinan dan pelapis kaleng. Bijih timah banyak terdapat di pulau Bangka, Belitung dn Singkep. Sedangkan peleburan timah ada di Muntok.






7. Nikel.
Nikel digunakn untuk membuat onderdil sepeda motor dan sebagainya. Sifatnya tahan karat dan jika dipoles akan mengkilap.
Bijih nikel banyak terdapat di Soroako, Sulawesi tengah.

Itulah macam logam yang banyak digunakan oleh manusia.

0 Response to "7 Macam Logam yang Banyak Digunakan Manusia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (664) Sejarah (156) Hewan (36) Batu Akik (24) Gunung (21) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut