Letak dan Luas Benua Asia

Pada mulanya, di permukaan bumi ini hanya ada satu benua yang disebut dengan Pangea. Namun kemudian benua tersebut pecah dan bergerak saling menjauh atau saling mendekat antara satu dengan lainnya.

Dan dalam kurun waktu jutaan tahun lamanya, barulah terbentuk benua yang kita kenal sekarang.

Benua asia merupakan benua terluas di dunia dan terdiri atas banyak negara termasuk negara Indonesia. Setiap negara pada benua tersebut memiliki potensi alam dan sosial budaya yang berbeda-beda, sehingga telah lama terjadi interaksi antara negara-negara di Asia.





Benua Asia terletak pada 26 dj BT - 170 dj BT dan 11 dj LS - 80 dj LU (*dj=derajat). Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil saja yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas benua Asia adalah :
- Samudra Arktik di utara.
- Samudra Hindia di selatan.
- Benua eropa, pegunungan Ural, laut Kaspia, laut Hitam, selat Bosporus, selat Dardanella, Laut Tengah, terusan Suez, dan laut Merah di Barat.
- Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.


Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi.
Luasnya 44 juta km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau 4,5x luas benua eropa.

Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusai di utara mendekati kutub utara.

Jika dibandingkan negara lainnya di asia, maka Rusia adalah negara terluas di benua Asia.






Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu :

1. Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah),
2. Asia Tengah,
3. Asia Timur,
4. Asia Selatan,
5. Asia Tenggara dan Rusia.

Masing-masing wilayah memiliki ciri atau katkteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

Categories

pengetahuan (924) Sejarah (172) Hewan (39) Gunung (36) Bahan Tambang (27) Batu Akik (24) Islam (22) Tahukah Kamu (15) PBB (14) Pramuka (12) Hari Besar (11) Laut (7) Alat Musik (5) Bahasa (5) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut