3 Manfaat Gelombang Ultrasonik serta Penjelasan

Gelombang ultrasonik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama dalam membantu beberapa hal di bawah ini. Salah satunya adalah pemeriksaan bagian dalam tubuh manusia.

Pemeriksaan yang dimksud adalah pemeriksaan USG atau Ultrasonografi. Seberapa dalamnya laut bisa terdeteksi melalui gelombang ultrasonik ini.

Berikut ini manfaat gelombang ultrasonik.

1. Dalam bidang kedokteran.

Ada alat USG yang digunakan untuk mendeteksi bagian dalam tubuh, seperti:

- pemeriksaan lever.
- ginjal.
- janin dalam perut.

Melalui pemeriksaan USG, kelainan-kelainan yang terjadi dalam tubuh manusia akan dapat dianalisir oleh dokter. Demikian juga kelainan janin di dalam kandungan bisa diketahui lebih dini.

2. Mendeteksi kerusakan logam.

Sebelum berkembangnya detektor ultrasonik, alat yang dipakai sebagai alat tes tanpa merusak pada material adalah radiografi sinar X. Dewasa ini dengan adanya detektor ultrasonik yang sangat presisi, pemeriksaan suatu logam dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang ultrasonik.

Detektor gelombang ultrasonik juga dapat dipakai dalam pemeriksaan hasil pengelasan, baik pada pengelasan lempengan logam maupun pada pengelasan pia-pipa.

Selain itu juga dapat dipakai untuk mendeteksi keretakan pada logam serta penipisan yang terjadi pada pipa-pipa atau dinding-dinding tangki yang tidak dapat diamti secara visual.

3. Mengukur kedalaman laut.

Ketika mengukur kedalaman laut, gelombang ultrasonik dipancarkan dari sebuah kapal di atas permukaan laut. Gelombang merambat di dalam air sampai ke dasar laut. Kemudian, gelombang tersebut, dipantulkan oleh dasar laut.

Dan gelombang ultrasonik yang terpantul akan dideteksi oleh detektor yang ada di kapal. Jika kecepatan perambatan gelombang ultrasonik dalam air diketahui, dengan mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang saat dikirim dan saat dikirim kembali, kedalaman laut dapat dihitung.