5 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Pada dasarnya perdagangan internasional muncul dilatarbelakangi oleh kemampuan menghasilkan barang antar negara yang satu dengan negara lain berbeda.

Perbedaan inilah yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Berikut ini ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.

1. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki oleh Setiap Negara.

Sumber daya alam yang dimiliki oleh masing-masing negara tidak sama dan mengakibatkan perbedaan hasil produksi dari negara tersebut. Misalnya saja negara Arab Saudi tidak mampu menghasilkan sayur mayur maka mereka mengimpor dari negara kawasan Asia yang dapat menghasilkan sayur mayur.

Keunggulan yang dimiliki oleh suatu negara dilihat dari keunggulan sumber daya alam disebut dengan nama Keunggulan ABSOLUT atau ABSOLUT Andvantage.

Keunggulan absolut adalah kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara-negara lainnya.

2. Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia.

Ketersediaan sumber daya alam memerlukan daya dukung kemampuan sumber daya manusia. Suatu negara yang mempunyai sumber daya manusia yang dilihat terutama dari segi kualitas maka akan menghasilkan barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik.

3. Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak, bermutu dan efisien dibandingkan dengan negara yang tidak menguasainya.

Ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menghemat biaya produksi, jumlah barang, kualitas barang. Keunggulan suatu negara yang dapat memproduksi barang dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan negara lain disebut denggan Comparative Advantage.

4. Perbedaan Budaya Suatu Bangsa.

Perbedaan budaya suatu negara akan sangat mempengaruhi barang yang dihasilkan. Misalnya saja seni ukir dan batik Indonesia, merupakan daya tarik sendiri bagi negara lain untuk membeli barang tersebut. Demikian juga dengan keramik Cina menjadi daya tarik tersendiri bagi negara lain.


5. Perbedaan Harga Barang, Upah, Biaya Produksi.

Perbedaan lain yang mempengaruhi perdagangan internasional yaitu perbedaan:
- Harga barang.
- Perbedaan upah.
- Biaya produksi.
- Perbedaan selera.


Itulah kelima hal yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional.