Betapa Malangnya Nasib TOHJAYA Dalam Sejarah

Tohjaya atau Panji Tohjaya adalah raja dari kerajaan Singasari yang terletakdi kota Malang. Beliau adalah anak dari Prabu Ken Arok dengan Ken Umang.

Saudara sekandung Tohjaya adalah Sudatu, Wregola, dan Dewi Rambi. Dalam sejarah, betapa menyedihkannya nasib anak Ken Arok ini yhang memerintah hanya beberapa bulan saja.

Beliau dikhianati oleh anak buahnya sendiri yang bernama Lembu Ampal.

Singkat cerita,
Setelah berhasil membunuh Anusapati yang berkuasa selama 21 tahun, Tohjaya naik tahta. Namun masa pemerintahannya sangatlah singkat saja hanya beberapa bulan.

Adalah Ranggawuni yang merupakan si Cucu dari Ken Dedes dengan Tunggul Ametung atau putra dari Anusapati, menuntut hak kepada Tohjaya, tapi Tohjaya menolak.

Ranggawuni dibantu oleh Mahesa Cemapah yaitu anak dari Mahesa Wongateleng, cucu dari Ken Arok dengan Ken Dedes tidak terima dengan kekuasaan Toh Jaya.

Karena menghadapi tuntutan ini, maka Toh Jaya mengirim pasukannya di bawah pimpinan Lembu Ampal untuk melawan Ranggawuni. Maka terjadilah pertempuran.

Di luar dugaan Toh Jaya, Lembu Ampal ternyata malah membelot dan bergabung dengan pasukan Ronggowuni. Otomatis pasukan Ranggawuni makin kuat sehingga berhasil menduduki istana.

Toh Jaya sangat kecewa dan saat itu sedang terluka dan melarikan diri ke daerah Katang Lumbang. Dan di situlah Beliau meninggal dunia dan didampingi pengikut setianya. Tahun 1248 Masehi, putra Ken Arok ini wafat akibat perbuatan ayahnya dahulu yang secara licik merebut kekuasaan.

Ayah dari Toh Jaya (Ken Arok)