4 Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Mungkin saja sering mendengar berita tentang perampokan, penyiksaan dan lain sebagainya, juga ada berita dimana pembantu dimarahi juragannya karena telah melakukan kesalahan.

Setiap manusia memiliki hak asasi, akan tetapi hak asasi yang dimiliki oleh manusia dibatasi oleh hak asasi manusia lainnya. Dengan demikian tidak ada seorangpun yang diperbolehkan untuk melanggar hak asasi orang lain.

Berikut ini faktor penyebab pelanggaran HAM dari faktor eksternal.

1. Penyalahgunaan kekuasaan.

Di dalam masyarakat terdapat berbagai macam kekuasaan. Dan kekuasaan ini tak hanya menunjuk pada kekuasaan pemerintah, tetapi juga bentuk-bentuk kekuasaan lainnya.

Salah satu contohnya adalah kekuasaan di dalam perusahaan. Para pengusaha yang tidak memperdulikan hak-hak buruhnya jelas melanggar hak-hak asasi manusia.
Oleh karena itu, setiap penyalahgunaan kekuasaan mendorong timbulnya pelanggaran HAM.

2. Ketidaktegasan aparat penegak hukum.

Aparat penegak hukum yang tidak bertindak tegas terhadap setiap pelanggaran HAM, tentu saja akan mendorong timbulnya pelanggaran HAM lainnya.

Penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang tidak tuntas akan menjadi pemicu munculnya kasus-kasus lain. Para pelaku pelanggaran HAM tidak akan merasa jera, karena mereka tidak menerima sanksi yang tegas dari perbuatannya.

Selain hal tersebut, aparat penegak hukum yang bertindak sewenang-wenang juga dapat dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran HAM dan dapat menjadi contoh yhang tidak baik.
Hal ini dapat mendorong timbulnya pelanggaran HAM yang oleh masyarakat pada umumnya.

3. Penyalahgunaan teknologi.

Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif, tetapi bisa juga memberikan pengaruh negatif bahkan dapat memicu timbulnya kejahatan.

4. Kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

Kesenjangan menggambarkan terjadinya ketidakseimbangan yang mencolok di dalam kehidupan masyarakat. Pemicunya adalah perbedaan tingkat kekayaan atau jabatan yang dimiliki.

Apabila hal tersebut dibiarkan akan menimbulkan terjadinya pelanggaran HAM, misalnya saja perbudakan, pelecehan, perampokan, bahkan pembunuhan.