3 Penyebab Pelanggaran HAM - Faktor Internal

Mungkin saja sering mendengar berita tentang perampokan, penyiksaan dan lain sebagainya, juga ada berita dimana pembantu dimarahi juragannya karena telah melakukan kesalahan.

Setiap manusia memiliki hak asasi, akan tetapi hak asasi yang dimiliki oleh manusia dibatasi oleh hak asasi manusia lainnya. Dengan demikian tidak ada seorangpun yang diperbolehkan untuk melanggar hak asasi orang lain.

Berikut ini beberapa penyebab pelanggaran hak asasi manusia dengan faktor internal. Maksudnya adalah pelanggaran yang muncul dari dorongan untuk melakukan pelanggaran HAM yang berasal dari diri pelaku pelanggar HAM.

1. Sikap egois atau mementingkan diri sendiri.

Sikap ini akan menyebabkan seseorang untuk selalu menuntut haknya, sementara kewajibannya sering diabaikan. Seseorang yang memiliki sikap seperti ini akan menghalalkan segala cara supaya haknya dapat terpenuhi. Meskipun caranya tersebut dapat melanggar hak orang lainnya.


2. Rendahnya kesadaran HAM.

Hal ini akan menyebabkan pelaku pelanggaran HAM berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain pun mempunyai hak asasi yang harus dihormati.
Sikap tidak mau tahu ini berakibat munculnya perilaku atau tindakan penyimpangan terhadap hak asasi manusia.

3. Sikap tidak toleran.

Sikap ini menyebabkan munculnya saling tidak menghargai dan tidak menghormati kedudukan atau keberadaan orang lain. Sikap ini pada akhirnya akan mendorong orang untuk melakukan diskriminasi kepada orang lain.

itulah penyebab poelanggaran HAM faktor internal.