7 Pengertian Tentang Pemanasan Olahraga

Sangatlah penting jika kita sebelum melakukan olahraga, dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya adlah agar tubuh kita tidak kaget nantinya.

Tubuh perlu penyesuaian diri. Misal saja ketika kita akan berendam di air panas suatu pemandian air belerang di perbukitan. Maka kita jangan sekali-kali langsung mencebur ke kolam.

Karena akibatnya bisa fatal. Yang benar adalah tubuh diberi atau disiram dengan air panas yang ada di kolam sedikit demi sedikit agar kulit terbiasa dulu dengan sekitar.


Beberapa pengertian pemanasan olahraga adalah sebagai berikut:

1. Pemanasan olahraga adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi jantung secara berlahan, sehingga tersedia cukup waktu untuk mengisi otot yang bekerja dengan darah yang kaya akan oksigen.

2. Pemanasan olahraga adalah salah satu bentuk persiapan emosional, fisiologis, dan psikologis untuk melakukan berbagai macam latihan

3. Pemanasan olahraga adalah beberapa gerakan persiapan tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih berat dengan cara melakukan beberapa latihan sederhana sebelum melakukan inti kegiatan yang lebih berat.

4. Pemanasan olahraga merupakan satu bagian dasar program latihan permulaan. Pemanasan olahraga ini terdiri atas serangkaian latuhan (gerakan) yang dilakukan pada waktu melakukan aktivitas olahraga.





5. Pemanasan olahraga merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika melakukan olahraga/latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.

6. Pemanasan olahraga adalah gerakan pendahuluan sebelum melakukan olahraga utama supaya otot-otot tubuh yang terlibat dalam aktivitas gerak siap dan tidak menimbulkan cidera pada otot atau persendian.

7. Pemanasan olahraga melakukan beberapa gerakan sebelum melakukan olahraga untuk menghindari terjadinya cidera selama melakukan olahraga.

Itulah ketujuh pengertian tentang pemanasan dalam olahraga.