7 Macam Logam yang Banyak Digunakan

Logam adalah salah satu bahan tambang yang banyak dipakai oleh manusia sebagai alat bantu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Misalnya saja adalah pisau yang terbuat dari besi yang dipanaskan dan dibentuk.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada 7 macam logam yang banyak digunakan untuk membuat barang-barang, antara lain adalah:

1. Besi.

Banyak digunakan manusia untuk berbagai peralatan misalnya kendaraan bermotor, berbagai mesin dan alat-alat rumah tangga. Besi merupakan hasil tanur tinggi bila dicampur dengan karbon dan logam-logam lain menjadi baja.

Pabrik pengolahan besi dan baja terdapat di Cilegon, Jawa Barat.
Baja yang tahan karat disebut dengan stainless steel, terbuat dari campuran besi, bikel dan krom.

2. Tembaga.

Sebagi penghantar panas yang baik, banyak digunakan untuk kawat listrik, kawat telepon, dan alat memasak. Bijih tembaga terdapat di pegunungan Jayawijaya di Papua.

Tembaga termasuk logam lunak. Agar menjadi lebih keras maka dicampur dengan logam lain.

Campuran berbagai logam disebut paduan logam. Campuran tembaga, timah dan seng menghasilkan perunggu. Sedangkan campuran tembaga dan seng akan menghasilkan kuningan atau loyang.




3. Aluminium.

Sifatnya tahan karat dan sangat ringan. Bijih aluminium disebut dengan bauksit, banyak dihasilkan di Pulau Bintan dan Singkawang. Memiliki sifst yang ringan, mengkilap, tidak mudah berkarat, mudah menghantar pans, dan penggunaanya lebih praktis.


Juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan pesawat terbang.

4. Emas.

Termasuk golongan logam mulia karena bersifat tahan karat dan tidak bereaksi dengan asam. Sebagai bahan bermacam-macam perhiasan. Tambang emas terdapat di Cikotok, Jawa Barat dan Rejang Lebong, Bengkulu.

5. Perak.

Banyak dihasilkan di Yogyakarta dan Kendari.


6. Timah.

Bijih timah banyak terdapat di Pulau Bangka, Belitung dan Singkep. Peleburan timah di Muntok. Timah digunakan untuk mematri, barang kerajinan dan pelapis kaleng agar tidak berkarat.

7. Nikel.

Bijih nikel terdapat di Soroako, Sulawesi Tengah. Sifatnya tahan karat dan mengkilp jika dipoles. Dibunakan sebagai onderdil sepeda motor. Barang yang dilapisi inel disebut sebagai divernikel.