4 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum melakukan olahraga sangatlah penting. Sering kita lihat di televisi, ketika ada pemain sepak bola akan menggantikan kawannya, maka dia akan melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Tujuannya biar tubuh menjadi panas dan tidak kaget ketika sedang bertanding olahraga nanti. Bukan olahraga sepak bola saja, tapi semua jenis olahraga yang dipertandingkan pasti akan pemainnya akan melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Apa saja manfaat pemanasan sebelum olahraga ini?
Berikut manfaatnya.

1. Meningkatkan sirkulasi darah.

Ketika Anda pergi ke gym atau mempersiapkan diri untuk olahraga, sirkulasi darah Anda tidak baik. Anda telah tidur selama delapan jam atau telah duduk di kantor sepanjang hari.

Nah, latihan peregangan membantu Anda memiliki aliran darah yang sehat dalam tubuh demi membantu memompa jantung Anda.

2. Meningkatkan fleksibilitas Otot.

Akan menjadi tegang bila tidak digerakkan. Ketika Anda bangun tidur, sering seluruh tubuh Anda merasa kencang.

Ketika Anda akan berolahraga, Anda memerlukan fleksibilitas terbaik. Jadi, pemanasan sebelum olahraga membantu Anda melonggarkan otot.


3. Menghindari cedera.

Jika Anda mencoba untuk melakukan olahraga angkat beban tanpa pemanasan, maka ada kemungkinan Anda akan mengalami cedera. Jika Anda tiadk melakukan peregangan, punggung Anda bisa cedera.




4. Pacu adrenalin.

Ketika Anda melakukan segala macam aktivitas fisik yang berat, tubuh Anda akan melepaskan hormon yang disebut adrenalin. Hormon ini meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda berkeringat.

Adrenalin dapat membuat Anda melakukan latihan yang sangat sulit menjadi lebih bersemangat. Anda memerlukan dosis adrenalin untuk memulai olahraga Anda dengan melakukan latihan peregangan.

Itulah manfaat dari pemanasan sebelum berolahraga.