6 Pahlawan Nasional yang Terkenal Sepanjang Masa

Pahlawan Nasional adalah seorang pahlawan yang tampil gagah berani melawan penjajahan di Indonesia terutama negara Belanda yang menjajah Indonesia selama ratusan tahun.

Di antaranya pahlawan nasional yang terkenal adalah Pangeran Diponegoro yang terkenal lihai dalam pertempuran serta beragama Islam yang taat.

Pangeran Diponegoro ini adalah seorang bangsawan yang sangat disegani oleh rakyat maupun oleh Belanda. Karena ada pelebaran jalan yang memakan makam dari leluhur Pangeran Diponegoro, maka terjadilah peperangan antara rakyat Yogyakarta melawan Belanda yang terkenal licik.






Beliau lahir pada tanggal 11 November 1785 dan wafat pada tanggal 8 Januari 1855. Sang Pangeran memiliki banyak pengikut hingga sampai di Jawa Timur.

Berikut ini enam Pahlawan Nasional yang terkenal sepanjang masa.

Pangeran Diponegoro

1. Pangeran Diponegoro.
2. R.A. Kartini.
3. Tuanku Imam Bonjol.
4. Sultan Hasanudin.
5. Sultan Agung.
6. Pangeran Antasari.

Kebanyakan anak bangsawan terlahir untuk memberontak kepada si penjajah karena penjajahan itu tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Perlu diketahui masih banyak lagi pahlawan nasional yang tampil berani melawan penjajah diantaranya adalah Teuku Umar dan Cut Nyak Dien dari Aceh.