Hakikat Ilmu Kimia

Ilmu kimia berasal dari bahasa Arab, yaitu al-kimia yang artinya perubahan materi, oleh ilmuwan Arab Jabir ibn Hayyan (tahun 700-778). Hai ini berarti ilmu kimia secara singkat dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari rekayasa materi, yaitu mengubah materi menjadi materi lain.

Secara lengkapnya,
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta enegi yang menyertai perubahan suatu zat atau materi.


Zat atau materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa.

Hal-hal yang dipelajari dalam ilmu kimia adalah:

1. komposisi.
2. struktur.
3. sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul.
4. perubahan atau transpormasi.
5. interaksi mementuk materi.

Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia.

Hakikat Ilmu Kimia.

Hakikat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan.
Ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.

Ilmu kimia diperlukan dan terlibat dalam kegiatan industri dan perdagangan, kesehatan, dan berbagai bidang lainnya. Ke depan, ilmu kimia sangat berperan dalam penemuan dan pengembangan material dan sumber energi baru yang lebih bermanfaat, bernilai ekonomis tinggi, dan lebih ramah lingkungan.